7 Cara Membersihkan Area Mesin Mobil

Untuk mendapatkan kenyamanan dalam kita memiliki sebuah kendaraan khususnya mobil, perlu kita selalu melakukan perawatan kebersihan khususnya kebersihan pada bagian-bagian mobil di antaranya interior, exterior, dan ruang mesin.

Kebanyakan orang hanya memperhatikan masalah kebersihan bagian exterior saja padahal pada bagian ruang mesin juga sangat perlu untuk di bersihkan.

pada kali ini akan kami jelaskan bagaimana membersihkan area mesin mobil sehingga tetap telihat bersih :

1. Panaskan Mesin Mobil

Hindari membersihkan mesin mobil dalam keadaan mesin dingin terlalu lama atau mobil sudah lama tidak digunakan. Sebab, kotoran yang menempel pada mesin yang dingin sangat sulit dibersihkan.

Panaskan mesin mobil selama 15 menit dan diamkan sebentar. Setelah itu, barulah membersihkan mesin mobil bisa dilakukan. Hal ini akan memudahkan Anda membersihkan kotoran yang membandel pada mesin

2. Gunakan Sarung Tangan

Kotoran pada mesin mobil berbeda dengan kotoran pada eksterior maupun interior mobil. Terdapat zat-zat berbahaya yang mungkin saja bila terkena tangan akan menimbulkan alergi. Untuk menghindari hal itu, gunakan sarung tangan saat ingin membersihkan mesin mobil menjadi solusi yang sangat tepat.

Selain itu, menggunakan sarung tangan saat membersihkan mesin mobil juga berguna agar tangan tidak tersetrum komponen yang memiliki daya listrik dan tangan juga terlindung dari panasnya mesin mobil

3. Bungkus Bagian Mesin yang Memiliki Daya Listrik

Sebelum membersihkan mesin mobil, sebaiknya bungkus komponen-komponen mesin yang memiliki daya listrik. Anda bisa menggunakan alumunium foil atau benda lain untuk membungkusnya. Ini perlu dilakukan agar mesin tetap aman dan tidak kemasukan air yang bisa menyebabkan konsleting listrik pada mesin.

4. Siram dengan Air Bertekanan Rendah

Agar mudah mencucinya, gunakan selang untuk menyemprotkan air. Namun ingat, jangan gunakan air dengan tekanan tinggi seperti pada steam mobil. Ini bisa merusak komponen mesin mobil.

Bagian pertama dapat Anda bersihkan adalah bawah kap mobil. Selanjutnya bersihkan satu persatu mesin mobil dengan hati-hati hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel pada mesin mobil

5. Gunakan Spon dan Sikat

Untuk mempermudah saat membersihkan mesin mobil, gunakan spon yang lembut. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan goresan-goresan yang akan merusak mesin mobil. Selain itu, menggunakan sikat kecil atau sikat gigi juga sangat dianjurkan untuk membersihkan area-area mesin yang sulit dibersihkan atau kotoran yang sulit dihilangkan. Namun pilihlah sikat yang lembut dan sikatlah dengan perlahan dan jangan terlalu keras.

6. Gunakan Sabun Colek

Untuk membersihkan kotoran dan sisa-sisa oli yang melekat pada mesin mobil, gunakan sabun colek yang memang terbukti ampuh mengangkat dan melarutkan kotoran dan oli sehingga mesin mobil lebih mudah dibersihkan. Hasilnya, mesin mobil akan terlihat bersih, kinclong dan tak ada lagi kotoran yang menempel

7. Jangan Sisakan Bekas Sabun

Setelah dibersihkan dengan sabun, jangan sisakan bekas sabun pada mesin mobil. Bilas semua sabun dengan air. Pastikan semua komponen mesin terbebas dari busa sabun. Setelah itu, lap dengan kain bersih hingga kering. Bila sudah, tutup kap mobil dan hidupkan mesin untuk memanaskan mobil kembali. Dengan begitu, mesin mobil akan lebih cepat kering.

Demikianlah cara membersihkan area mesin mobil, semoga informasi ini bermanfaat.

KlinikMobil : Jalan Mastrip – Tulungagung telp/Wa : 0822 3038 399

Leave a Comment